Islamic Widget


I made this widget at MyFlashFetish.com.

sholawat ilahilas

Minggu, 08 Agustus 2010

Liga Champions UEFA

Liga Champions UEFA


Liga Champions (bahasa Inggris: UEFA Champions League) adalah kejuaraan antarklub sepak bola tahunan antara klub-klub sepak bola tersukses di Eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat klub yang paling prestisius di Eropa.
Daftar isi
[sembunyikan]


Sejarah

Kejuaraan ini pertama kali dicetuskan oleh salah satu majalah olah raga Perancis. Trofi berbentuk piala yang dijuluki "The Big Ears", dan trofi pertama berbeda dengan yang sekarang diperebutkan (dibuat oleh Stadellman). Piala yang diperebutkan sekarang adalah edisi ke-6. Pada awalnya kejuaraan memperebutkan piala bernama Piala Juara Klub Eropa atau European Champion Clubs' Cup, yang biasanya disingkat menjadi Piala Eropa (European Cup, dan berbeda dari Piala Eropa seperti yang dikenal di Indonesia sekarang ini yang merujuk kepada European Championship). Kejuaraan ini dimulai pada musim 1955/56 dengan menggunakan sistem gugur dua leg, yaitu setiap tim bermain dua pertandingan, satu tandang dan satu di kandang, dan tim dengan skor rata-rata tertinggi maju ke babak berikutnya. Hanya tim-tim juara liga di masing-masing negara, ditambah dengan pemegang juara pada saat itu, yang berhak ikut ajang kompetisi ini.
[sunting] Format baru

Format dan namanya kemudian diganti pada musim 1992/93. Mulai saat itu, kejuaraan mempunyai tiga babak kualifikasi, satu babak kompetisi grup (tim-tim bermain dalam bentuk "tandang-kandang" seperti kompetisi reguler), dan kemudian empat babak final dengan sistem gugur. Semua babak kualifikasi dan pertandingan dengan sistem gugur dilangsungkan dengan dua leg, kecuali pertandingan final yang merupakan pertandingan tunggal yang diselenggarakan di sebuah tempat yang telah ditentukan oleh UEFA.
[sunting] Pemegang gelar juara terbanyak

Real Madrid CF telah menjuarai kompetisi ini sembilan kali dan menjadi yang terbanyak di seluruh Eropa. Tim-tim yang paling sukses berikutnya adalah AC Milan (7 kali juara), Liverpool FC (5 kali juara), FC Bayern München dan AFC Ajax (4 kali juara), Manchester United, Inter Milan dan FC Barcelona (3 kali juara)
[sunting] Serba-serbi Champions League

Musik yang mengiringi awal setiap siaran televisi kejuaraan ini digubah oleh Tony Britten, berdasarkan lagu gubahan George Frideric Handel yang berjudul Zadok the Priest, dan dibawakan oleh Chorus of the Academy of St. Martin in the Fields dan Royal Philharmonic Orchestra.

Khusus bagi tim yang pernah juara Liga Champions 4 kali, di lengan baju kiri akan terdapat logo Liga Champions dan tertulis jumlah piala yang dikoleksi. Seperi Ajax misalnya, karena telah juara sebanyak 4 kali di lengan baju kiri terdapat logo Liga Champions disertai dengan jumlah piala yang didapat.

Dalam 19 musim terakhir, hanya ada satu tim yang berhasil mempertahankan gelar juara Liga Champions (saat itu format dan namanya masih Piala Champions) selama dua musim berturut-turut, yaitu AC Milan yang kala itu masih berpredikat The Dream Team.

Pada akhir musim 2004/05 terjadi masalah. Liverpool yang juara Liga Champions pada musim itu berhak lolos langsung ke babak penyisihan musim depan, namun Liverpool di liga domestik ada di peringkat lima. Everton yang merupakan peringkat 4 mengajukan protes, sehingga Liverpool dan Everton tetap ikut Liga Champions musim depan (Everton lewat kualifikasi) dan Inggris pun punya lima tim ke Liga Champions (terbanyak dalam satu negara).
[sunting] Kualifikasi

Kualifikasi untuk Liga Champions ditentukan oleh posisi tim-tim di liga domestik dan melalui sistem kuota; negara-negara yang mempunyai liga domestik yang lebih kuat diberikan lebih banyak tempat. Klub yang bermain di liga domestik yang lebih kuat juga mulai ikut pada babak yang lebih akhir. Misalnya, tiga liga terkuat, menurut peringkat UEFA, akan melihat juara dan runner-upnya langsung masuk ke babak fase grup, dan peringkat ketiga dan keempat masuk pada babak kualifikasi ketiga. Ada pengecualian pada peraturan ini; juara bertahan Liga Champions lolos secara otomatis ke babak grup tanpa tergantung posisi akhirnya di liga domestik. Dalam perputaran kompetisi liga Champion klub-klub bertarung sengit untuk menempati posisi teratas sehingga layak ikut serta kejuaraan ini.


* Spanyol (12 gelar juara)
* Italia (12 gelar juara)
* Inggris (11 gelar juara)
* Jerman (6 gelar juara)
* Belanda (6 gelar juara)
* Portugal(4 gelar juara)
* perancis(1 gelar juara)
* Rumania (1 gelar juara)
* Yugoslavia (1 gelar juara)
* Skotlandia (1 gelar juara)




http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Champions_UEFA

PEPERANGAN UHUD




Ringkasan Peperangan

Peperangan ini dimulai oleh orang kafir untuk melakukan balas dendam terhadap kekalahan mereka di Perang Badar, dimana tujuh puluh orang pemimpin terkemuka mereka terbunuh dan tujuh puluh orang lainnya ditangkap, sementara hanya empat belas orang Muslim yang mati syahid.

Orang kafir terdiri dari tiga ribu orang tentara, tiga ribu ekor unta dan dua ratus ekor kuda. Juga terdapat lima belas orang wanita didalam angkatan perang ini yang bertindak sebagai pemandu sorak atau pemberi semangat.
Angkatan perang kaum Muslim pada awalnya hanya terdiri dari seribu orang tentara. Ketika pasukan Muslim mendekati gunung Uhud, Abdullah bin Obey, dan kepala orang munafik, tiba-tiba meninggalkan angkatan perang kaum Muslim dan kembali ke Madinah dengan para pengikut yang tiga ratus orang. Bapaknya Jaber mengingatkan mereka akan tugas mereka kepada Allah SWT tetapi mereka tidak mendengarkannya. Allah SWT menerangkan tentang orang munafik ini di dalam Ali Imran 167.

dan supaya Allah mengetahui siapa orang-orang yang munafik. Kepada mereka dikatakan: "Marilah berperang di jalan Allah atau pertahankanlah (dirimu)". Mereka berkata: "Sekiranya kami mengetahui akan terjadi peperangan, tentulah kami mengikuti kamu". Mereka pada hari itu lebih dekat kepada kekafiran daripada keimanan. Mereka mengatakan dengan mulutnya apa yang tidak terkandung dalam hatinya. Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan.


Akhirnya dua angkatan perang berhadapan satu sama lain di dekat gunung Uhud. Nabi SAW mengatur strategi peperangan dengan sempurna dalam penempatan pasukannya. Beberapa orang pemanah ditempatkan pada suatu bukit kecil untuk menghalang majunya musuh. Pada awalnya musuh menderita kekalahan. Sehingga banyak dari para pemanah Muslim meninggalkan pos-pos mereka untuk mengumpulkan barang rampasan. Musuh mengambil kesempatan ini dan menyerang angkatan perang Muslim dari arah bukit ini. Banyak dari kaum Muslim yang mati syahid dan bahkan Nabi SAW mengalami luka yang sangat parah. Orang kafir merusak mayat-mayat kaum Muslim dan menuju Makkah dengan merasa suatu kesuksesan.

Rincian Peperangan


Marilah kita lihat kembali sedikit peristiwa peperangan ini ketika sekitar beberapa ratus kaum Muslim memerangi tiga ribu orang kafir yang jauh lebih banyak.

Pada awalnya Zubair bin Awwam RA, Saad bin Abi Waqas RA, Asim bin Tsabit RA, Ali RA dan Hamzah RA telah membunuh sepuluh orang dari keluarga yang sama dan tidak ada yang tinggal dari keluarga ini untuk membawa bendera orang kafir.

Pasukan pemanah pada awalnya melakukan tugas mereka dengan sangat baik sekali sehingga memperoleh tiga kali kemenangan dari pasukan musuh. Musuh mulai lari kabur. Seperti disebutkan didalam Bukhari dan yang diriwayatkan oleh Bra bin Azib RA, bahkan para pemandu sorak mereka pun lari kocar kacir dan melepaskan alas kaki (sandal/sepatu) mereka supaya dapat kabur dengan cepat.

Wahshi, budak Jubair bin Muttan bersembunyi sendirian di belakang sebuah batu karang dan dengan licik menyerang Hamzah RA sehingga Hamzah RA mati syahid. Meskipun Hamzah RA telah dengan jelas pada posisi yang menang.

Pasukan pemanah diperintah oleh Nabi SAW untuk tidak meninggalkan posisi mereka dalam keadaan apapun juga.Kebanyakan para pemanah merasakan bahwa Allah SWT telah memberikan kemenangan kepada angkatan perang Muslim. Mereka tidak tahan untuk mengumpulkan barang rampasan musuh yang berharga tersebut. Abdullah bin Jubair RA, pemimpin pasukan pemanah mengingatkan mereka tentang instruksi dari Nabi SAW.

Sangat disesalkan, Abdullah bin Jubair RA ditinggalkan di sana dengan hanya sembilan orang pemanah. Musuh mengambil kesempatan ini dan sekali lagi menyerang para pemanah ini. Kesembilan orang pemanah ini mati syahid. Pasukan berkuda musuh maju terus dan mengepung angkatan perang Muslim. Kaum Muslim menjadi panik dan kacau, dan beberapa orang terpaksa melarikan diri untuk menyelamatkan diri. Kemenangan dengan cepat berubah menjadi suatu keadaan yang sangat mengkhawatirkan.

Bahkan dalam situasi seperti ini banyak Sahabat yang bertempur dengan perkasa. Sebagai contoh, seperti disebutkan didalam Bukhari, Anas bin Nadar RA mati syahid dengan tujuh puluh tusukan/tikaman pada badannya. Saudarinya dapat mengenal badannya hanya dengan tanda di ujung jarinya.

Nabi SAW ditinggalkan hanya dengan sembilan orang Sahabat di sekelilingnya. Suatu peperangan berdarah terjadi di sekitar Nabi SAW. Tujuh orang Sahabat mati syahid satu persatu selagi bertahan bersama Nabi SAW. Seperti disebutkan didalam Bukhari, hanya Talha bin Ubaidullah RA dan Saad bin Abi Waqas RA yang tinggal bertahan bersama Nabi SAW.

Luka-Luka Nabi SAW

Lemparan batu-batu musuh mengenai Nabi SAW. beliau jatuh, dan salah satu dari gigi bagian bawah patah dan bibir bawah juga terluka. Musuh lainnya melukai dahi Beliau. Musuh ketiga memukul Nabi SAW dengan sangat keras dengan pedangnya. Akibatnya dua cincin pengikat helm Nabi SAW menembus ke dalam pipi Beliau. Darah bercucuran dari atas wajah Beliau.

Pertahanan Nabi SAW

Saad bin Abi Waqas RA sedang melepaskan panah kepada musuh. Nabi SAW sangat senang dengan dia dan mengucapkan doa yang unik untuknya, “Semoga Ibu dan Bapakku berkorban untukmu.”

Talha RA sedang bertempur dengan musuh dengan berani sampai tangannya terluka dan jarinya terpotong. Selagi bertempur dengan musuh, ia juga melindungi Nabi SAW dengan dadanya pada saat kritis tersebut. Seperti didituliskan didalam Tirmidzi, Nabi SAW berkata, “Jika seseorang ingin melihat Syuhada berjalan di bumi ini, lihatlah Talha bin Obaidullah.”

Seperti disebutkan didalam Bukhari, Saad bin Abi Waqas RA berkata, “Pada hari peperangan Uhud aku melihat dua orang berpakaian putih disekitar Nabi SAW. Mereka sedang bertempur dengan dahsyat atas nama Nabi SAW. Aku tidak pernah melihat mereka sebelum dan setelah kesempatan tersebut.” Dalam riwayat yang lain, mereka adalah malaikat-malaikat Jibril AS dan Mikail AS. Sementara itu tiga puluh orang Sahabat mendatangi dengan cepat tempat tersebut. Masing-masing mereka menunjukkan kepahlawanan yang luar biasa seperti yang tertulis didalam buku sejarah.

Musuh juga telah menggali beberapa parit sebagai perangkap. Sungguh sayang, Nabi SAW jatuh masuk ke salah satu dari parit tersebut. Lutut Nabi SAW terluka dengan sangat parah. Ali RA dan Talha bin Obaidullah RA menarik beliau keluar dari parit tersebut.

Abu Obaida bin Jarrah RA mencoba mencabut cincin pengikat helm dari pipi Nabi SAW dengan giginya. Didalam usaha pertamanya Abu Obaida RA kehilangan gigi bawahnya. Dia kehilangan gigi bawah lainnya saat mencabut cincin pengikat helm kedua.

Contoh Kepahlawanan

(a) Musab bin Omair RA bertugas memegang bendera angkatan perang Muslim dan bertempur dengan sangat dahsyat. Selama bertempur tangan kanannya terpotong. Ia memegang bendera dengan tangan kirinya. Kemudian tangan kirinya juga dipotong oleh musuh. Ia berlutut dan menjepit bendera dengan dada dan dagunya. Ia syahid dalam kondisi seperti ini. Karena Musab RA sangat mirip dengan Nabi SAW, orang kafir mengumumkan bahwa Nabi SAW telah terbunuh. Ini melemahkan semangat orang-orang beriman.

(b) Abu Dajana RA berdiri di depan Nabi SAW dengan punggungnya ke arah musuh untuk melindungi Nabi SAW. Banyak panah musuh menancap di punggungnya tetapi ia tidak bergerak satu inci pun.

(c) Ummi Amara RA, suami dan dua orang putranya juga berkumpul disekeliling Nabi SAW ketika hanya ada beberapa orang Sahabat saja di sekeliling beliau. Ummi Amara dengan pedang terhunus bertahan bersama Nabi SAW dari semua arah. Keseluruhan keluarga mempertunjukkan keberanian luar biasa. Nabi SAW mengatakan, “Ya Allah, sayangilah keluarga ini.” Nabi SAW juga mengucapkan doa berikut untuk keluarga ini, “Ya Allah jadikanlah mereka sekeluarga Sahabatku di Surga.”

Para Wanita Di Medan Perang

Seperti disebutkan didalam Bukhari dan diriwayatkan oleh Anas RA, beberapa orang Muslimah datang ke medan perang diakhir peperangan. Mereka membawa kantong air untuk memberi minum kepada tentara yang terluka. Diantara mereka yaitu Aisyah RA, Ummi Saleem RA, Ummi Saleeth RA, dan Umm Aiman RA.

Perusakan Mayat Syuhada

Ketika Musab bin Omair RA terbunuh mati syahid, musuh mengumumkan bahwa Nabi SAW telah terbunuh karena ia sangat mirip dengan Nabi SAW. Orang kafir merasakan bahwa misi mereka telah terpenuhi. Karenanya orang kafir mulai merusak mayat para syuhada. Mereka memotong telinga, hidung, dan bagian-bagian pribadi mereka dan merangkainya sebagai bukti keberhasilan. Hindun binti Utba, isteri Abu Sufyan, membedah perut Hamzah RA dan mengeluarkan hatinya serta mengunyahnya untuk melepaskan kemarahannya. Para penyembah berhala memutuskan untuk kembali ke Makkah karena di dalam pandangan mereka, misi utama mereka telah tercapai.

Status Para Sahabat

Ada tiga faktor, yang menyebabkan berubahnya kemenangan menjadi kekalahan kaum Muslim seperti itu.
(a) Pelanggaran terhadap perintah Nabi SAW oleh pasukan pemanah.
(b) Berita kematian Nabi SAW. Ini melemahkan semangat banyak orang-orang beriman.
(c) Perselisihan paham di medan perang tentang perintah Nabi SAW.

Ini disebutkan didalam Ali Imran 152.

Dan sesungguhnya Allah telah memenuhi janji-Nya kepada kamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada saat kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mendurhakai perintah (Rasul) sesudah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antaramu ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kamu ada orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk menguji kamu; dan sesungguhnya Allah telah mema`afkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan) atas orang-orang yang beriman.

Allah SWT berfirman bahwa penderitaan yang ekstrim ini telah menyortir orang munafik dari orang-orang yang beriman. Allah SWT menghibur orang-orang beriman dengan mengumumkan bahwa Allah SWT telah memaafkan mereka. Karenanya mereka tidak perlu untuk mempertanggungjawabkannya di Hari Pengadilan. Allah SWT Maha Pengasih kepada kaum Muslim.

Terdapat keterangan yang rinci tentang situasi yang canggung ini didalam Ali Imran 153 – 155.

(Ingatlah) ketika kamu lari dan tidak menoleh kepada seseorangpun, sedang Rasul yang berada di antara kawan-kawanmu yang lain memanggil kamu, karena itu Allah menimpakan atas kamu kesedihan atas kesedihan, supaya kamu jangan bersedih hati terhadap apa yang luput daripada kamu dan terhadap apa yang menimpa kamu. Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Kemudian setelah kamu berduka-cita Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan daripada kamu,
Sesungguhnya orang-orang yang berpaling di antaramu pada hari bertemu dua pasukan itu, hanya saja mereka digelincirkan oleh syaitan, disebabkan sebagian kesalahan yang telah mereka perbuat (di masa lampau) dan sesungguhnya Allah telah memberi ma`af kepada mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.

Disini ditunjukkan bahwa itu hanyalah untuk menguji orang-orang yang beriman. Sebagian dari orang-orang beriman dipengaruhi oleh Setan dalam kaitan dengan beberapa perbuatan mereka. Ada lagi keputusan Allah SWT yang sangat jelas didalam ayat terakhir yang menyatakan bahwa Allah SWT memaafkan para Sahabat karena Allah SWT adalah Maha Pengampun, Maha Sabar.

Ini merupakan suatu aib meskipun ada dua keputusan Allah SWT di atas, beberapa orang berbicara tidak menyenangkan tentang para Sahabat. Seperti disebutkan ayat di atas, Allah SWT telah melimpahkan tambahan barakahNya kepada para Sahabat dengan membuat mereka tidur nyenyak di medan perang. Ini menyegarkan mereka kembali dan membuat mereka lebih siaga. Perlu dicatat bahwa tidur nyenyak didalam suatu medan perang adalah suatu barakah sementara mendirikan shalat saja sangatlah susah. Hal yang sama, barakah Allah SWT juga dilimpahan kepada kaum Muslim yang merasa cemas didalam peperangan Badar. Al Anfal 11.

(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentraman daripada-Nya,

Perhatikan kekeliruan lain yang dilakukan para Sahabat dan bagaimana Allah SWT menjawabnya. Ketika ketua orang munafik lari dari medan perang dengan tiga ratus para pengikutnya, ini mempengaruhi moril dari beberapa kabilah Muslim lainnya. Sesungguhnya, Bani Hartha dan Bani Salma menjadi hilang semangat. Mereka mau rasanya seperti orang munafik dan meninggalkan angkatan perang Muslim. Allah SWT, karena ke-Maha PenyayangNya pada para Sahabat, tidak membiarkan gagasan ini berkembang lebih lanjut di dalam hati mereka. Melainkan Allah SWT melindungi dan mendukung mereka dari kekeliruan ini. Ali Imran 122.

ketika dua golongan daripadamu ingin (mundur) karena takut, padahal Allah adalah penolong bagi kedua golongan itu. Karena itu hendaklah karena Allah saja orang-orang mu'min bertawakkal.

Kedua kabilah ini dengan bangga biasa mengatakan bahwa, “Allah SWT adalah pelindung dan penolong kami.”
Catat bahwa Allah SWT sangat baik kepada para Sahabat bahkan ketika mereka melakukan beberapa kesalahan. Aku kagum betapa Allah SWT sangat senang kepada para Sahabat ketika mereka sibuk dengan amalan demi amalan.

Tidak saja Allah SWT memaafkan para Sahabat tetapi juga memerintahkan Nabi SAW untuk ramah kepada mereka. Ali Imran 159.

Karena itu ma`afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu.

Pikirkan dengan seksama keempat perintah kepada Nabi SAW berikut.
1. Maafkan para Sahabatmu dengan tuntas apapun kesalahan mereka.
2. Berdoa untuk mereka.
3. Mohon kepada Allah SWT untuk mengampunkan mereka.
4. Hormati mereka dan ajaklah mereka untuk bermusyawarah mengenai hal-hal penting.

Tidak ada agama lain yang mempunyai etika dan kelapangan hati yang sangat tinggi seperti ini.
Setelah menelaah kembali petunjuk Allah SWT ini, bagaimana mungkin seseorang berani menyalahkan para Sahabat Nabi Muhammad SAW.

Hadiah Lain Dari Allah Swt

Menuju akhir peperangan Uhud, para penyembah berhala tampil sebagai pemenang. Mereka bisa saja menyerang pemukiman Madinah untuk melakukan perusakan disana. Allah SWT menanamkan rasa takut ke dalam hati mereka sehingga mereka memilih kembali ke Makkah daripada menyerang Madinah. Ali Imran 151.

Akan Kami masukkan ke dalam hati orang-orang kafir rasa takut, disebabkan mereka mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah sendiri tidak menurunkan keterangan tentang itu. Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang zalim.

Aku berharap para pengunjung lokasi perang Uhud akan mendapat manfaat dari pelajaran yang diterangkan di dalam buku ini.

Nabi SAW dan para Sahabatnya beristirahat sejenak di lokasi Masjid Al Mustrah dalam perjalanan kembali mereka ke Madinah. Masjid ini berada di jalan sekarang yang dikenal sebagai jalan Sayyid-Syuhada. Selama kunjungan ke Masjid ini kita harus berdoa untuk para pejuang Muslim dan bandingkan hidup kita yang nyaman dengan luka yang diderita Nabi SAW dan Sahabatnya.



http://imtiazahmad.com/lessons/in_peperangan_uhud.htm

Sejarah Islam masuk Indonesia




Pada tanggal 13-15 Jumadil Akhir 1425 H bertepatan dengan 1-3 Juli
2004 M,
Direktur Ma،¦had Ali Al- Irsyad Surabaya, al-Ustadz Abdurrahman bin
Abdul
Karim At-Tamimi hafidhahullah memenuhi undangan Markaz Al Imam Al
Albani di
Jordania untuk menyampaikan ceramah pada Muktamar yang dihadiri kurang
lebih
1000 penuntut ilmu dan sejumlah ulama dari negeri-negeri Islam.
berikut ini
terjemahan teks khutbah beliau dengan judul ،§Perkembangan Dakwah
Salafiyyah
di Indonesia.،¨

Setelah memuji Allah dan bershalawat kepada nabi ĉ, beliau
menyampaikan
makalahnya sebagai berikut :

Yang mulia, para Syaikh ....., Yang mulia Syaikh kami Asy-Syaikh Salim
bin
Id al-Hilali, Direktur Markaz Al Imam Al-Albani dan para
anggotanya
yang aktif serta kepada saudara-saudaraku yang hadir dari kalangan para
ulama yang mulia, dan saudara-saudaraku para penuntut ilmu. Saya
mengucapkan
penghormatan kepada anda sekalian dengan penghormatan Islami :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Sungguh sangat menggembirakan dan membahagiakan diri saya karena dapat
berdiri di tempat yang mulia ini dan pertemuan yang diberkahi ini
dengan
izin Allah ƒ¹ dengan membawa salam dari saudara-saudara anda,
salafiyyin di
Indonesia, sebagaimana hal ini wajib bagi diri saya sebagai wakil dari
Ma'had kami, Ma'had Al Irsyad Al Islami beserta seluruh salafiyyin di
Indonesia, agar saya berterima kasih kepada Markaz kita, Markaz Al
Imam
Al Albani, terutama kepada direkturnya Syaikhuna Asy Syaikh Salim
bin
Id Al Hilali hafidhahullah (semoga Allah menjaga beliau) yang telah
memuliakan kami dengan mengundang kami untuk ikut serta pada Muktamar
yang
diberkahi ini, dan mengizinkan kami ikut andil dalam memberikan
beberapa
patah kata yang berjudul : "Perkembangan dakwah salafiyyah di
Indonesia"
dengan pertimbangan bahwa Negara Indonesia adalah Negara Islam
terbesar,
ditinjau dari jumlah penduduknya yang beragama Islam.

Saya berdoa kepada Allah ƒة Yang Maha Mulia lagi Maha tinggi agar Dia
memberkahi kesungguhan beliau dan saudara-saudara beliau dalam
meninggikan
dakwah yang diberkahi ini, yang mana kita hidup dari kemuliaan dakwah
ini.
Dan kami memohon kepada Allah ƒ¹ agar mematikan kami diatas dakwah ini,
dan
agar Dia memberkahi Markaz Al Imam Al Abani ini yang darinya
terpancar cahaya keimanan, ketentraman dan keamanan.

Mengawali ceramah ini saya katakan : "Tidaklah diketahui secara pasti
awal
mula masuknya agama Islam ke negeri Indonesia dan pulau-pulau
disekitarnya." Pendapat para ahli sejarah berbeda-beda tentang sejarah
timur jauh . Dan yang paling mendekati kebenaran, bahwasanya awal
mula
masuknya agama Islam dan penyebarannya terjadi pada akhir abad pertama
hijriyah, dengan perantaraan para pedagang Arab yang datang dari
selatan
semenanjung Arab.(Lihat kitab yang dikarang Arnold The Preaching of
Islam
hal 262 terbitan London 1913 M)

Al Ustadz Arnold berkata : "Sesungguhnya Islam dibawa ke Asia tenggara
oleh
orang-orang Arab pada abad -abad pertama hijriyah." Disebutkan dalam
kitab
،§Nukhbatul Dahri،¨ karya Syamsyuddin Ubaidillah Muhammad bin Tholib
Ad
Dimasyqi yang terkenal dengan julukan ،§Syaikhur Robwah،¨ wafat pada
tahun
727 H : "Sesungguhnya agama Islam sampai di jazirah Indonesia pada
tahun 30
H).،¨

Seorang petualang asal Irak yang bernama Yunus Bahri berkata dalam buku
hariannya, yang teksnya : "Pertama kali penguasa beragama Hindu dari
kalangan kerajaan Pajajaran masuk Islam, dan keislamannya adalah
pembuka era
yang baru bagi tersebarnya agama Islam."

Dan sejarah memberitakan kepada kita bahwasanya kerajaan Islam yang
pertama,
berdiri di Demak dengan dukungan para ulama yang bermadzhab Syafi'i.

Beberapa riwayat mengatakan sesungguhnya para penguasa pemerintahan di
Demak
adalah yang menghancurkan patung-patung dan membuangnya di tengah
lautan.

Sungguh telah bersinar bintang kerajaan Demak pada tahun 1478 M hingga
tahun
1546 M. Dan Demak (dahulu) adalah pusat bagi para penguasa Islam di
Jawa.
Dan bisa jadi tersebarnya madzhab Syafi،¦i di Indonesia dan Hadromaut
memberikan kepada kita bukti yang pasti bahwa orang-orang yang membawa
agama Islam ke Indonesia adalah para pedagang Hadromaut.

Adapun faktor-faktor yang membantu tersebarnya agama Islam dengan cepat
di
Indonesia dan pulau-pulau sekitarnya dapat diringkas dengan beberapa
hal
berikut ini :

ƒر Mudahnya agama Islam, tidak terdapat hal-hal yang rumit bagi
seseorang
yang berkeinginan memeluk agama Islam.

ƒر Jernihnya hati penduduk Indonesia dan fitrah mereka yang siap untuk
memeluk agama Islam.

ƒر Pernikahan yang terjadi antara orang-orang Arab dengan penduduk
Indonesia.

ƒر Akulturasi bangsa Arab dengan penduduk Indonesia dan pergaulan
mereka
dengan penduduk Indonesia seperti saudara sekandung.

Berlalulah tahun demi tahun, dan hubungan antara para pendatang dan
penduduk
Indonesia dalam keadaan semakin baik. Akulturasi (penggabungan budaya)
semakin bertambah mendalam pada awal-awal pertengahan kedua pada abad
ke-20,
dimana seorang Arab tidak datang dengan Istrinya ke Indonesia, namun
Setiap
pendatang menikah dengan penduduk setempat.

Dan sungguh hijrahnya orang-orang Arab dari selatan Arab ke Indonesia
adalah
termasuk hijrah yang terbesar jika dilihat dari jenisnya. Merupakan
suatu
keniscayaan, pendatang dari Hadromaut yang beragama Islam akan
mendapatkan
gangguan dan perlawanan dari penduduk Indonesia, terlebih lagi dari
para
penguasa dan pemuka mereka, namun hati penduduk Indonesia masih
didominasi
oleh keluguan dan bahkan bersikap loyal terhadap mereka. Mereka tidak
melihat dari para pendatang Hadromaut sesuatu yang perlu diwaspadai dan
mengeruhkan suasana.

Sebenarnya, orang-orang Hadromaut itu pada asalnya tidak datang ke
negeri
Indonesia untuk mendirikan sebuah negara atau menyebarkan agama. Tujuan
yang
paling utama bagi mereka adalah berdagang dan mencari rezki. Kemudian
para
pedagang itu dengan fitrah mereka yang sabar, keras, cerdas, rajin dan
amanah dalam bermuamalah, jujur dalam berkata, mampu membuat jalan
mereka di
negeri yang jauh ini. Hingga pada suatu masa mereka mampu menguasai
perdagangan dan mengokohkan markaz mereka dan ،§meluncur cepat،¨
diantara
para penduduk yang berbeda jenis, bahasa, agama, akhlak dan
adat-istiadat
dengan mereka.

Kemudian pemerintahan Belanda menyempitkan mereka،K. pemerintahan
Belanda
bersikap keras dalam penerapan hijrah atas orang-orang Hadromaut.
Pemerintahan Belanda mengumpulkan mereka dalam suatu daerah khusus
serta
tidak memperbolehkan mereka berpindah dari satu daerah ke daerah
lainnya
melainkan dengan izin khusus dan setelah susah payah memperolehnya.
Sikap
keras dan tekanan ini berjalan bertahun-tahun.

Pada tahun 1916 M, pemerintahan Belanda memberikan semacam kebebasan.
Dan
pada tahun 1919 M, pemerintah Belanda mencabut tekanan itu dan
memberikan
kebebasan bagi mereka berpindah dari satu kota ke kota lainnya, dari
satu
desa ke desa lainnya, dari satu pulau ke pulau lainnya tanpa ada
kesulitan
yang mereka jumpai dihadapan mereka. (Lihat kitab ،§Tarikhul Irsyad fi
Indonesia،¨, oleh Ustadz Sholah Abdul Qadir Bakri hal 10-12)

Dengan berlalunya masa, rusaklah tauhid di negeri Indonesia ini, yang
mana
tauhid merupakan kekuatan dan pokok dakwah Islam, dan masuklah ke dalam
Islam berbagai syubhat (kesamaran) dan kerusakan.

Kuburan-kuburan para wali didatangi orang-orang bodoh untuk berziarah
kepadanya, para wanita bernazar untuknya, orang awam meyakini
bahwasanya
kuburan-kuburan itu mampu memberi manfaat dan memberi mudharat,
thariqoh
sufiyyah meliputi seluruh negeri, fanatisme madzhab telah mencapai
puncaknya
maka kebodohanpun merata, kegelapan menguasai, ditambah lagi kegelapan
penjajahan Belanda - pada waktu itu - yang melemahkan negeri Indonesia
dibawah belenggunya.

Akan tetapi Allah tidak menginginkan melainkan Dia sempurnakan
cahaya-Nya.
Allah memunculkan untuk negeri ini seorang lelaki shalih, seorang
reformis
yang datang dari negeri Sudan pada bulan Rabiul Awwal 1329, yang
menyeru
manusia kepada tauhid, memerangi kesyirikan, khurafat, bid'ah dan
ta'ashub
terhadap madzhab, beliau adalah Syaikh Ahmad bin Muhammad As Syurkati -
rahimahullah - .

Dakwah beliau meliputi seluruh negeri, dan beliau telah mencetak
kader
yang menolong dan membantu dakwah beliau diseluruh jazirah Indonesia.
Syaikh
Ahmad Syurkati terpengaruh dengan dakwah Syaikhul Islam Muhammad bin
Abdul
Wahhab - rahimahullah - dan juga Syaikh Muhammad Rasyid Ridha -
rahimahullah
- beserta majalahnya ،§Al Manar،¨. Beliau mengarang , mengajar, dan
membangun "MADRASAH AL IRSYAD" pada tahun 1914 M.

Akan tetapi musuh-musuh beliau dari kalangan pengikut thariqot Sufiyyah
dan
aliran bid'ah memerangi, memusuhi, dan menghalangi dakwah beliau. Namun
hal
itu tidak mengusik beliau, dan beliau terus berdakwah hingga Allah
mewafatkan beliau pada tanggal 16 Ramadhan 1326, semoga Allah merahmati
beliau seperti rahmat-Nya kepada orang-orang yang berbakti. Akan tetapi
sebagai sebuah amanah ilmiyyah dan sebuah sejarah kami tidak
mengatakan,
bahwa dakwah Syaikh Ahmad Syurkati adalah dakwah salafiyyah yang murni,
yang
mana hal ini dikarenakan lemahnya penyebaran dan pondasi dakwah
salafiyyah
pada saat itu, hanya saja dakwah beliau telah mempersiapkan jalan untuk
kepada dakwah salafiyyah yang murni, dimana pada pemikiran beliau
terdapat
sebagian hal-hal yang menyelisihi dan menyimpang dari aqidah
salafiyyah,
seperti pengingkaran beliau akan datangnya Al Mahdi, dan turunnya nabi
Isa
- alaihissalam - yang telah jelas kebenaran dalilnya dengan pasti dalam
Al
Qur'an dan sunnah nabi yang shahih. Akan tetapi kita tidak melupakan
keutamaan beliau dan keutamaan Syaikh Muhammad Rasyid Ridha dan
majalahnya
"Al Manar" dalam pencerahan akal-akal kaum muslimin yang bodoh terhadap
agama mereka dan memerangi bid'ah, kesyirikan dan sikap beliau berdua
yang
membuang fanatisme madzhab serta dakwah mereka (yang menyeru) untuk
berpegang teguh kepada Al Qur'an dan sunnah yang shahih sesuai dengan
pemahaman Salaful Ummah.

Keadaan ini terus berlangsung demikian hingga penjajahan Belanda pergi
dan
membawa kekuasaannya dari negeri Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945
M.
Sesudah itu datanglah bibit-bibit penjajahan Belanda dari kalangan
orang-orang sekuler dan atheis, yang mana mereka memerintah negeri ini
dengan menyempitkan ruang gerak kebebasan beragama kaum muslimin,
hingga
sirnalah mendung dan pudar bala bencana dengan perginya pemerintahan
Sukarno
serta gagallah pemberontakan komunis di negeri ini pada tahun 1965 M,
yang
demikian ini merupakan karunia Allah semata, dan segala puji bagi Allah
yang
dengan nikmat-Nya sempurnalah segala kebaikan.

Kemudian datanglah sesudah itu era kebebasan berdakwah, hanya saja yang
sangat disayangkan bahwa dakwah salafiyyah sangat disayangkan tidak
ikut
serta di medan dakwah ini dikarenakan tidak adanya para dai salafiyyin
yang
mampu - kecuali mereka yang dirahmati Allah -. Hingga dibuka di Jakarta
pada
tahun 1401 H, bertepatan pada tahun 1981 M, Ma'had yang metodenya
mengikuti
Universitas Al Imam Muhammad bin Suud Al Islamiyyah di Riyadh, dan
banyak
penduduk negeri ini yang sekolah padanya, namun sangat disayangkan
lulusan
dari Ma'had ini tidak mengetahui banyak tentang hakekat manhaj salaf,
kebanyakan mereka berakidah salafiyyah - sesuai dengan pelajaran yang
diajarkan di negeri mereka- hanya saja manhaj mereka Ikhwani
(berpemahaman
ikhwanul muslimin) yang menyimpang, bahkan banyak diantara mereka -
sesudah
itu - bergabung dengan kelompok-kelompok (hizbiyyah) Islam di negeri
ini,
dan yang berada pada barisan terdepannya adalah partai keadilan "Al
Ikhwani,،¨ dan mereka menjadi pemimpin pada partai ini.

Negeri Indonesia belumlah lama mengenal dakwah salafiyyah yang murni
dan
benar, tidak lebih dari 10 tahun yang lalu melalui perantaraan
sebagian
putra-putra Indonesia yang lulus dari Universitas Islam Madinah, dan
mereka
terpengaruh dengan para ulama salafiyyin di Madinah sedangkan mereka
itu
sedikit. Pengaruh yang jelas dan penyebaran yang luas dakwah salafiyyah
ini
juga timbul dari penyebaran dan penerjemahan kitab-kitab salafiyyah ke
dalam
bahasa Indonesia dari para ulama salaf, baik yang lampau maupun ulama
pada
saat ini. Dari buku-buku itulah mereka mengenal manhaj salaf yang
benar.
Berada pada bagian yang terdepan dalam hal ini adalah kitab-kitab
Syaikhuna
Al Imam Sayyidul Muhadditsin (Pemimpin ahli hadits) zaman ini, Abu
Abdurrahman Muhammad Nashiruddin Al Albani dan murid-murid beliau yang
muhkhlis, kemudian buku-buku Al Allaamah Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah
bin
Baz dan Al Allaamah Al Imam ahli fikih zaman ini Syaikh Muhammad bin
Shalih
Al utsaimin. Sungguh kitab-kitab, karangan-karangan dan fatwa-fatwa
mereka
tersebar di seluruh jazirah Indonesia, dan penduduk negeri ini
benar-benar
mendapatkan manfaat darinya. Selain itu, demikian pula kitab-kitab
Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyyah dan murid beliau Al Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyah
dan
kitab-kitab Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab dan anak-anak
beserta
cucu-cucu beliau yang shalih. Dan dapat saya katakan bahwa kitab-kitab
salafiyyah pada saat ini adalah kitab-kitab Islam terbesar yang
tersebar di
Indonesia - segala puji bagi Allah atas karunia-Nya - .

Para da،¦i Salafiyyin menegakkan dakwah dengan semangat dan penuh
kesungguhan, mereka berkeliling di Jazirah Indonesia, baik kota maupun
desanya, dan mereka membangun sekolah-sekolah dan pondok pesantren
salafiyyah di beberapa tempat sehingga tersebarlah dakwah salafiyyah
sebagaimana menjalarnya api pada rumput kering. Manusiapun menerima
dakwah
yang murni dari sikap berlebih-lebihan bersikap ekstrim ini, dengan
penerimaan yang baik. Mereka (para da،¦i) salafiyyah ini tidak mencari
kenikmatan dunia yang fana, tidak menginginkan kursi-kursi kekuasaan
dan
tidak pula bermain dalam hidangan politik, akan tetapi keinginan mereka
adalah mendidik generasi dengan pendidikan Islam yang benar diatas
dasar
،§tasfiyyah،¨ (Pemurnian) dan ،§tarbiyah،¨ (Pendidikan) yang
memmurnikan
pemikiran-pemikiran yang mencemari agama yang lurus ini berupa bid'ah
dan
khurafat, dengan menumbuhkan, mendidik dan mengembalikan generasi ini
sebagaimana generasi terbaik, karena tidak akan baik umat ini hingga
mereka
beragama sebagaimana generasi yang pertama. Tidaklah suatu kota, atau
desa
di Indonesia sekarang ini, melainkan padanya terdapat dakwah
salafiyyah,
sedikit atau banyak.

(Syair)

Namun dakwah salafiyyah ini menemui berbagai rintangan yang merintangi
jalannya, dan demikianlah keadaan dakwah yang benar (senantiasa
mendapat
rintangan) dan demikian juga dakwah para rasul dan nabi. Penghalang
terbesar
yang muncul adalah dari kaum hizbiyyin (mereka yang fanatik pada
kelompoknya) baik dari kalangan "Quthbiyyin" (mereka yang mengikuti
pemahaman Sayyid Qutb) atau "Sururiyyin" (mereka yang mengikuti
pemahaman
Muhamad Surur) maupun "Takfiriyyin" (mereka yang dengan mudah
mengkafirkan
tanpa petunjuk ulama), demikian juga dari kalangan orang-orang
sekuler,
thoriqot suffiyyah dan aliran-aliran bid'ah lainnya.

Akan tetapi yang paling menyayat-nyayat jiwa kami adalah sebagian
orang
yang menisbatkan diri mereka kepada dakwah salafiyyah, akan tetapi
hakikatnya mereka adalah orang-orang yang berbuat "ghuluw" (menyimpang
dan
berlebih-lebihan dalam agama) dan ekstrim, yang mana mereka memusuhi
kami
lantaran hasad dan dengki yang telah memakan hati mereka. Padahal
mereka itu
masih anak-anak yang masih ingusan lagi bodoh.

Sungguh mereka telah menjauhkan manusia dari dakwah salafiyyah yang haq
ini,
akibat perangai mereka yang buruk dan dakwah mereka yang kasar lagi
jelek.
Tidaklah seorang menyelisihi mereka, sekalipun itu dari teman-teman
mereka
sendiri, melainkan mereka membid'ahkannya dan mengucilkannya dari
pergaulan
dengan mereka،K.

Akan tetapi segala puji bagi Allah, kekuatan mereka hancur
berkeping-keping
sehingga hilang dan lenyaplah kekuatan mereka. Tersingkaplah keburukan
mereka, permusuhan diantara mereka sendiri sangat sengit, mereka
bercerai-berai, dan ini adalah pelajaran bagi orang yang mau mengambil
pelajaran. Sesungguhnya Allah tidak akan memperbaiki perbuatan
orang-orang
yang merusak. Sekalipun mereka melakukan suatu perbuatan yang mereka
inginkan untuk mengelabui manusia،Kdan sekalipun mereka merubah
kulit-kulit
(baju-baju) mereka untuk menjelekkan dan mengacaukan ،K..dan sekalipun
mereka membaguskan penampilan mereka, untuk menyembunyikan kejelekan
mereka.

Semua itu - dan selainnya - sekali-kali tidak akan ada kelangsungannya
atau
perbaikannya, sekali-kali tidak akan berjalan bersamanya amal kebenaran
yang
jelas, justru ia akan hilang dan meleleh serta tidak akan kembali.
(lihat
tulisan Syaikhuna Abul Harits Ali bin Al Hasan Al Atsari di Majalah Al
Ashalah edisi 32 hal. 10)

(Syair)

Dan adalah, dengan diadakannya "Daurah Syariyyah tentang Aqidah dan
Manhaj"
oleh Ma'had kami, Ma'had Ali Al Irsyad Al Islami yang bekerjasama
dengan
Markaz yang mulia ini, mempunyai dampak positif yang nyata/produktif
dalam
menyebarkan dakwah Salafiyyah dan memahamkan aqidah yang benar kepada
manusia, dan juga "manhaj" (metode) yang benar, serta berdakwah dengan
hikmah dan cara yang baik, jauh dari sikap ،§ghuluw،¨
(berlebih-lebihan) dan
melampaui batas. Telah ikut serta dalam Daurah tersebut, para ulama
yang
mulia, mereka adalah :

1. Yang Mulia Syaikhuna Syaikh Muhammad bin Musa Alu Nashr

2. Yang Mulia Syaikhuna Syaikh Salim bin Id Al Hilali

3. Yang Mulia Syaikhuna Syaikh Ali bin Hasan Al Halabi Al Atsari

4. Yang Mulia Syaikhuna Syaikh Mashur bin Hasan Alu Salman

Mereka telah menyampaikan ceramah-ceramah, pelajaran-pelajaran,
pertemuan-pertemuan yang bermanfaat sekali bagi para penuntut ilmu
(semoga
Allah membalas kebaikan bagi mereka) dan banyak manusia telah
mendapatkan
manfaat dari mereka. Daurah tersebut telah berlangsung selama tiga
tahun
(segala puji bagi Allah).

Inilah ringkasan bahasan yang singkat tentang perkembangan dakwah
salafiyyah
di Indonesia, yang saya menulisnya dengan tergesa-gesa, semoga saya
diberi
petunjuk padanya, dan segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya
sempurnalah segala kebaikan.

Terakhir, saya mohon kepada Allah ƒ¹ agar memberi petunjuk kepada para
syaikh-syaikh kami yang mulia, dan juga kepada para saudara-saudara
kami
yang mengadakan pertemuan ini, dan agar Dia meninggikan panji
salafiyyin.

Allah-lah yang menolong dan kuasa atasnya.

Dan akhirnya kami ucapkan, alhamdulillahi rabbil alamin.

(Sumber : Majalah adz-Dzakhirrah al-Islamiyyah edisi terbaru, dan dapat
mendownload di http://www.salafi.or.id/) From: fsms sunnah
]

Sabtu, 07 Agustus 2010

Sejarah Sepak Bola Indonesia


sejarah sepak bola indonesia PSSISejarah Sepak Bola Indonesia menjadi keinginan banyak pihak untuk dibakukan sehingga publik mendapatkan informasi yang jelas, utuh, dan ilmiah. Kalau sejarah kerajaan besar di Nusantara saja dapat teridentifikasi, tapi mengapa sepak bola Indoonesia tidak juga ada kejelasan? Sayang sampai sekarang hal ini masih menjadi misteri yang tak terungkapkan.

Untuk memaparkan dan mengungkapkan sejarah Sepak Bola Indonesia di shalimow.com dilakukan dengan pencarian dengan mesin pencarianpun tak kunjung mendapat sajian informasi yang memadai. Demikian juga dengan menelusurinya melalui pustaka, mulai dari took buku sampai toko buku bekas di kawasan Senin, Jakarta tak kunjung jua mendapatkan informasi penting juga.

Sempat terfikir oleh aku bahwa jangan-jangan memang belum ada satupun dokumen yang validitasnya kuat yang mengungkap Sejarah Sepak Bola Indonesia. Atau paling tidak hasil penelitian sejarah mengenai Sejarah Sepak Bola Indonesia oleh para sejarahwan, dst. Dan ketika menuliskan artikel ini saya semakin yakin akan dugaan bahwa Sejarah lahirnya Sepak Bola Indonesia memang belum ada.

Kesulitan yang pasti terjadi adalah tidak ditemukanya dokumen sejarah seperti lazimnya peninggalan purbakala yang berupa candi, tulisan di daun lontar, alat-alat, dll. Mungkin juga karena olahraga sepakbola dianggap sebagai aktifitas sosial yang kurang penting sehingga tidak terdokumentasikan dengan baik oleh nenek moyang kita. Agak berbeda dengan beberapa peninggalan sejarah Romawi dan Eropa ynag menemukan akan aktifitas sepak bola.

Hal yang sama juga terjadi pada pencarian mengenai sejarah munculnya olahraga sepak bola dimuka bumi ini yang masih juga mengundang perdebatan. Beberapa dokumen sejarah dunia menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan sepak bola berasal dari negeri Tiongkok, dst.

Disisi lain Bill Muray, seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, menjelaskan bahwa permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
Menurut pendapat saya benang kusut tentang sejarah sepakbola Indonesia bisa mulai diurai dengan meneliti dokumen sejarah Indonesia yang ada di negeri Belanda. Menurut analisa saya sejarah olahraga sepakbola ini diawali oleh pendatang dari luar negeri, bukan dari Indonesia asli. Jadi beberapa kemungkinannya adalah:

1. Para pedagang dari negeri Tiongkok sekitar abad 7 M yang mulai masuk wilayah nusantara khususnya diwilayah kerajaan Sriwijaya. Seperti diketahui permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM sudah mengenal olah raga sejenis sepak bola yang dikenal dengan sebutan “tsu chu “.
2. Dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang dari negeri Belanda, kalau mereka awal masuknya ke Indonesia sekitar tahun 1602 M maka sepakbola lahir dari perkembangan aktifitas dagang mereka di Indonesia.

Kedua kemungkinan lahirnya sejarah sepakbola diatas dapat menjadi kebenaran atau pula menjadi kesalahan, namun tidak ada yang boleh menjustifikasi kedua hal tersebut kecuali atas dasar fakta sejarah yang kuat. Disinilah letaknya urgensi dilakukanya penelusuran sejarah sepak bola nasional Indonesia.

Kita semua berharap pemerintah melalui kementrian pemuda dan olahraga dapat juga memperhatikan akan hal ini sehingga sejarah olahraga nasional tidak kehilangan obor. Beberapa seminar sejarah atau penelitian tentang hal ini mungkin sangat urgen untuk dilakukan sehingga memberikan beberapa titik awal kejelasan sejarah lahirnya sepakbola nasional.









http://www.shalimow.com/sepak-bola/sejarah-sepak-bola-indonesia.html

Sejarah Singkat Internet





Pendahuluan



Internet telah membuat revolusi dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya.Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.



Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini. Hari ini, kata-kata seperti "bleiner@computer.org" dan "http://www.acm.org" sudah menjadi kebiasaan yang mudah diucapkan orang di jalanan.



Tulisan ini hanya merupakan sebuah uraian singkat dan tidak menguraikan secara rinci sejarah internet. Banyak tulisan yang mudah anda dapat berkaitan dengan Internet, sejarahnya, teknologinya dan penggunaannya. Di toko buku anda dapat memilih sendiri buku-buku tentang Internet. 2 . Dalam tulisan ini, 3 beberapa dari para penulis terlibat dalam pengembangan dan evolusi teknologi internet khususnya dalam penemuan dan sejarahnya. Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu



1.Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan

wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.



2.Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.



3.Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.



4.Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut "the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure" di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai

sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.



Penemuan Internet



Sebuah rekaman tulisan yang menerangkan bahwa interaksi sosial dapat dilakukan juga melalui sebuah jaringan komputer terdapat pada seri memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachuset Institut of Technology) pada bulan Agustus tahun 1962. Dalam memo tersebut diuraikan konsep "Galactic Network"nya. Dia memiliki visi sebuah jaringan komputer global yang saling berhubungan dimana setiap orang dapat akses data dan program secara cepat dari tempat manapun. Semangat konsep tersebut sangat sesuai seperti internet yang ada

sekarang. Licklider adalah pimpinan pertama riset program komputer dari projek DARPA, 4 yang dimulai bulan Oktober 1962. Selama di DARPA dia bekerjasama dengan Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan seorang peneliti MIT, Lawrence G. Roberts. Leonard Kleinrock di MIT mempublikasikan tulisanya berjudul " The first paper on packet switching theory" dalam bulan July 1961 dan "The first book on the subject" di tahun 1964. Kleinrock sepaham dengan Roberts dalam teori

kelayakan komunikasi mempergunakan sistem paket data dari pada hanya mempergunakan sebuah rangkaian elektronik. Teori ini merupakan cikal bakal adanya jaringan komputer. Langkah penting lainnnya adalah membuat komputer dapat berkomunikasi secara bersama-sama. Untuk mmebuktikan hal ini, pada tahun 1965, Roberts bekerjasama dengan Thomas Merrill, menghubungkan komputer TX-2 yang ada di Mass dengan komputer Q-32 yang ada di California dengan mempergunakan sebuah saluran dial-up berkecepatan rendah. Ini merupakan sebuahjaringan komputer pertama yang luas yang pernah dibuat untuk pertama kalinya meski dalam skala kecil. Hasil dari percubaan ini adalah bukti bahawa pengunaan waktu dalam komputer-komputer tersebut dapat bekerja dengan baik,

menjalankan program dan mengambil atau mengedit data seperti yang biasa dilakukan pada sebuah mesin dengan remote control, namun rangkaian saklar system telepon kurang mendukung percobaan ini. Hipotesis Kleinrock tentang diperlukannya sebuah program paket pensaklaran terbukti.



Pada tahun 1966 Roberts pergi ke DARPA untuk mengembangkan konsep jaringan komputer dan dengan cepat merumuskan rencananya untuk ARPANET, yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada saat konferensi dimana dia harus mempresentasikan makalahnya tentang konsep paket dalam jaringan komputer, dalam konferensi tersebut juga ada sebuah makalah yang berhubungan dengan konsep paket pada jaringan komputer dari Inggris yang ditulis oleh Donald Davies dan Roger Scantlebury dari NPL. Scantlebury mengatakan pada Roberts tentang riset yang dilakukan NPL sebaik seperti yang dilakukan oleh Paul Baran dan lainnya di RAND. RAND group telah menulis sebuah makalah berjudul " paper on packet switching networks for secure voice" di lingkungan militer pada tahun 1964. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan bersamaan oleh kelompok peneliti MIT, NPL dan RAND. Sedangkan para penelitinya tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh kelompok peneliti lainnya. Kelompok peneliti MIT bekerja dalam kurun waktu 1961-1967, kelompok RAND bekerja dalam kurun waktu 1962-1965, dan kelompok NPL bekerja antara tahun 1964-1967. Kata paket telah diadopsi dari hasil kerja kelompok NPL dan diusulkan dipergunakan dalam saluran komunikasi data ARPANET, sehingga komunikasi data di dalam projek ini diubah dari 2.4 kbps menjadi 50 kbps. 5



Dalam bulan Agustus tahun 1968, setelah Roberts dan penyandang dana projek DARPA merevisi semua struktur dan spesifikasi ARPANET, sebuah RFQ dirilis DARPA untuk pengembangan salah satu komponen kunci, paket pensakalaran yang disebut Interface Message Processors (IMP's). RFQ telah dimenangkan dalam bulan Desember1968 oleh sebuah group yang dipimpin oleh Frank Heart dari Bolt Beranek and Newman (BBN). Sebagai tim dari BBN yang mengerjakan IMP's, Bob Kahn memerankan peran utama dalam desain arsitektur ARPANET. Topologi dan ekonomi jaringan didesain dan dioptimasi oleh Roberts bersama Howard Frank dan timnya dari

Network Analysis Corporation. Pengukuran sistem jaringan dilakukan oleh tim pimpinan Kleinrock di UCLA. 6 Karena awal dilakukannya pengembangan teori paket pensaklaran oleh Kleinrock, dan juga adanya perhatiannya yang serius pada analysis, design dan pengukuran, maka Network Measurement Center yang dibangun Kleinrock di UCLA telah terpilih sebagai node pertama projek ARPANET. Ini terjadi dalam bulan September tahun 1969 ketika BBN memasang IMP pertama di UCLA dan host komputer pertama telah tersambung. Projek Doug Engelbart yang menggarap "Augmentation of Human Intellect" (didalamnya terdapat NLS, sebuah system hypertext pertama) di Stanford Research Institute (SRI) kemudian dikembangkan menjadi node kedua. SRI mendukung Network Information Center, dipimpin oleh Elizabeth (Jake) Feinler dan berperan sebagai pemelihara table nama host ke address mapping sesuai dengan direktori RFC's. Sebulan kemudian, pada saat SRI telah tersambung ke ARPANET, pesan pertama dari host ke host telah dikirimkan dari laboratorium Kleinrock ke SRI. Dua node lainnya segera dibangun di UC Santa Barbara dan University of Utah. Dua node terakhir ini membuat projek aplikasi visual, dengan Glen Culler dan Burton Fried di UCSB bertugas mencari metoda-metoda untuk menampilkan fungsi-fungsi matematika mempergunakan "storage displays" agar dapat menjawab "problem of refresh" yang terjadi dalam jaringan. Robert Taylor dan Ivan Sutherland di Utah bertugas mencari metoda-metoda penampilan 3-D dalam jaringan. Sehingga pada akhir tahun 1969, empat komputer host telah tergabung bersama dalam inisial ARPANET, maka cikal bakal Internet telah lahir.



Komputer banyak yang disambungkan ke ARPANET pada tahun-tahun berikutnya dan tim bekerja melengkapi fungsi Host-to-Host protocol dan software jaringan komputer lainnya. Di bulan Desember tahun 1970, the Network Working Group (NWG) bekerja dibawah pimpinan S. Crocker menyelesaikan inisial ARPANET Host-to-Host protocol, dan disebut Network Control Protocol (NCP). ARPANET secara lengkap mempergunakan NCP



selama periode 1971-1972 dan para pengguna jaringan komputer akhirnya dapat mulai melakukan pengembangan aplikasinya.



Dalam bulan Oktober tahun 1972, Kahn telah mengorganisasikan sebuah demonstrasi besar dan sukses ARPANET di International Computer Communication Conference (ICCC). Ini merupakan untuk pertama kalinya diperkenalkan ke masyarakat. Dalam demo ini juga diperkenalkan inisial "hot" aplication, electronic mail (email). Dalam bulan Maret, Ray Tomlinson dari BBN membuat program penulisan pesan email, pengiriman dan pembaca pesan email pertama. Hal ini dilakukan atas dorongan kebutuhan ARPANET akan sebuah mekanisme koordinasi yang mudah. Dalam bulan July, Roberts mengembangkan utilitynya dengan membuat program email utility pertama ke dalam daftar, pemilihan untuk pembacaan, file, meneruskan (forward), dan memberikan jawaban sebuah pesan. Dari penemuan ini maka email merupakan aplikasi yang paling banyak dipergunakan dalam jaringan komputer selama

beberapa dekade.



Konsep Inisial Internetting



Jaringan komputer ARPANET tumbuh menjadi Internet. Internet didasarkan pada ide bahwa dari pengalaman pembangunan ARPANET dimungkinkan adanya jaringan komputer multiple independent (banyak dan berdiri sendiri). Dalam hal ini ARPANET sebagai pioneer dalam penggunaan packet pensaklaran jaringan komputer, tetapi nantinya dapat juga dipergunakan sebagai packet untuk jaringan satelit, jaringan komputer paket radio terestrial dan jaringan lainnya. Internet seperti kita ketahui sekarang sudah menjadi sebuah jaringan komputer dengan arsitektur terbuka (open architecture networking). Dengan demikian, pemilihan teknologi jaringan komputer individu tidaklah harus dibuat terbatas pada satu jenis teknologi dengan arsitektur khusus akan tetapi cenderung akan dipilih teknologi jaringan komputer secara bebas oleh pembuatnya dan yang dapat dihubungkan

dengan jaringan lainnya mempergunakan sebuah meta-level "Internetworking Architecture". Sampai sat itu hanya ada satu metoda umum untuk menggabungkan jaringan komputer. Itu adalah bawaan dari teknologi rangkaian saklar dimana sebuah jaringan baru akan terhubung pada sebuah rangkaian setelah melalukan bit individual secara synchronous sebagai bagian dari suatu rangkaian end-to-end diantara beberapa lokasi akhir (end locations). Ini sudah ditunjukkan oleh Kleinrock pada tahun 1961 bahwa paket pensaklaran merupakan metoda pensaklaran yang efisien. Dengan mempergunakan paket pensaklaran, penggunaan special dalam sebuah hubungan interkoneksi antara jaringan komputer merupakan satu kemungkinan lain yang bisa dilakukan. Sedangkan saat itu masih ada kendala

untuk menghubungkan jaringan komputer yang berbeda, dan masih dibutuhkan sesuatu komponen yang digunakan satu sama lain, yang tidak hanya berfungsi sebagai sebuah peer dari yang lainnnya dalam menyelenggarakan end-to-end service.



Dalam arsitektur jaringan komputer yang terbuka, jaringan komputer individual dapat dibangun dengan desain terpisah dan dapat dikembangkan sendiri dan masing-masing memiliki interface unik sendiri yang didapat dari user dan atau

provider lain termasuk provider-provider Internetnya. Setiap jaringan komputer dapat didesain sesuai dengan lingkungan spesifik dan kebutuhan user-nya.



Ide arcitektur jaringan komputer yang terbuka pertama kali diperkenalkan oleh Kahn di DARPA pada tahun 1972.Pekerjaan ini murni merupakan bagian pekerjaan program paket radio. Namun akhirnya program ini merupakan program terpisah dan disebut "Internetting". Kata kunci untuk membuat sistem paket radio bekerja adalah adanya eliabilitas protokol end-to-end yang dapat memelihara secara efektif komunikasi meskipun dalam kondisi "jamming" dan adanya interferensi radio lainnya ataupun gejala blackout intermiten seperti yang biasa terjadi pada komunikasi di dalam sebuah terowongan. Kahn pertama kali mengembangkan protokol lokal hanya untuk paket radio, karena sulit

menemukan kecocokan dengan sistem operasi komputer yang lain, dia kembali menggunakan NCP.



Meskipun NCP tidak memiliki kemampuan untuk pengalamatan jaringan komputer (dan mesin) namun pada akhirnya pada penggunaan IMP dalam ARPANET mengharuskan perubahan-perubahan NCP. NCP dipergunakan dalam ARPANET untuk menjaga reliabilitas end-to-end. Apabila banyak paket hilang, maka protokol (dengan didukung aplikasi lainnya) tidaklah menimbulkan masalah. Dalam model ini NCP tidak menunjukkan kegagalan dalam mengontrol end-to-end host, sejak saat itu ARPANET merupakan jaringan komputer yang ada yang tidak memerlukan penggunakan kontrol eror pada hostnya. Sehingga, Kahn memutuskan untuk mengembangkan sebuah versi baru protokol yang dapat bekerja dengan baik

pada lingkungan jaringan komputer dengan arsitektur terbuka. Protocol ini kemudian disebut Transmission ControlProtocol/Internet Protocol (TCP/IP). Sedangkan NCP cenderung dipergunakan sebagai sebuah pengendali alat (device driver), protokol baru ini lebih menyerupai sebuah protokol komunikasi.



Empat alasan yang mendasari pemikiran Kahn kemudian ia itu :



1.Setiap jaringan komputer yang berbeda harus berdiri sendiri dan tidak mengalami perubahan di dalamnya apabila terhubung ke Internet.

2.Komunikasi ada dalam kondisi terbaik. Jika sebuah paket data tidak dapat dikirimkan ke tujuannnya, paket data tersebut segera dikirim ulang.

3.Kotak hitam (Black boxes) perlu dipasang untuk menghubungkan jaringan komputer yang kemudian lebih dikenal dengan nama gateway dan router.

4. Pada tingkat operasional, tidak diperlukan kontrol global.













Isu kunci lainnya yang dibutuhkan antara lain :

Algoritma untuk mencegah paket hilang (packet loss) dari terputusnya komunikasi yang permanen dan menghubungkan kembali secara baik untuk dikirim ulang dari sumber datanya.. Pengembangan "pipelining" host to host sehingga dengan demikian paket data multipel dapat dikirim dari sumber ke tujuan pada kondisi tidak didukung host, bila jaringan komputer perantaranya memungkinkan.

Gateway berfungsi meneruskan paket data dengan baik. Ini meliputi juga interpretasi IP header untuk routing-nya, penanganan interface, mengubah paket ke bentuk yang lebih kecil bila memungkinkan, dll. Adanya kebutuhan untuk pengecekan end-end, membangun ulang (reassembly) paket dari fragmen-fragmen data dan mendeteksi duplikatnya bila ada. Adanya kebutuhan pengalamatan global (global addressing). Kebutuhan teknik untuk mengontrol aliran data host ke host. Kebutuhan Interface (perangkat perantara) dengan beragam sistem operasi. Juga adanya perhatian seperti penerapan efisiensi, kehandalan internetwork, namun ini masih merupaka masalah berikutnya.



Kahn mulai mengerjakan sebuah pekerjaan prinsip sistem operasi yang berorientasi untuk komunikasi data selama di BBN dan pemikiran terakhirnya didokumentasikan dalam sebuah memorandum di lingkungan BBN berjudul "Communications Principles for Operating Systems". Dalam hal ini dia merealisasikan adanya sebuah kebutuhan data rinci dari setiap sistem operasi komputer agar dapat diubah sehingga dapat menerima setiap protokol baru secara efisien. Sehingga pada musim panas tahun 1973, setelah memulai usaha internetting, dia mengajak Vint Cerf untuk bekerja dengannya dalam mendesain protokol. Cerf sudah mengenal baik desain dan pengembangan yang telah dilakukan NCP dan telah memiliki pengetahuan tentang interfacing (pembuatan perangkat perantara) pada sistem operasi. Karena itu dengan pendekatan arsitektur jaringan Kahn pada sisi komunikasi datanya, dan denganpengalaman Cerf dalam pengembangan NCP, tim ini berhasil membuat desain rinci protokol komunikasi data yang sekarang disebut TCP/IP. Kerja keras mereka.membuahkan hasil, dan versi pertama telah didistribusikan pada pertemuan khusus International



http://tskau0.tripod.com/sejarah_singkat_internet.htm